WISANGGENI BARAYA BERHASIL MENYABET JUARA 3 DALAM KOMPETISI INNOVATION CONCRETE FESTIVAL 2023 UNIVERSTIS JEMBER

Yogyakarta – Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta kembali meraih prestasi di tingkat nasional. Hal ini dibuktikan oleh perolehan juara di bidang perancangan struktur Beton dengan tema Ecogreen Concerete with Highest Quality. Tim Wisanggeni Baraya dari Universitas Negeri Yogyakarta yang diketuai oleh Fajar Tri Prasetya (D4-Teknik Sipil 2022) dengan dua anggota yaitu Gregorius Berly (S-1 Teknik Sipil 2022), dan Yuanita Mahardika (S-1 Pendidikan Teknik Sipil 2021) serta dosen pembimbing Prof. Dr. Ir. Slamet Widodo, ST., M.T., ASEAN Eng. IPM. Tim Wisanggeni Baraya berhasil meraih Gelar Juara 3 dalam Innovation Concrete Festival. Judul yang diangkat oleh tim Wisanggeni Baraya adalah “Pemanfaatan Limbah Andesit dan Serbuk Limbah Marmer dalam Pembuatan Beton Mutu Tinggi dan Ramah Lingkungan”, sesuai tema yang diusung kompetisi pada tahun ini. Tim Wisanggeni Baraya mulai melaksanakan lomba sejak tanggal 10 Agustus 2023 dengan menyusun proposal sebagai tahap seleksi yang akan diambil 5 tim terbaik. Pada tanggal 8 September 2023, tim Wisanggeni Baraya dinyatakan lolos tahap final. Tim yang lolos ke tahap final ini sebanyak 5 tim dengan urutan pertama yaitu Ganesha Fortune (Universitas Tunas Pembangunan Surakarta), urutan kedua Semar Ultramen (Universitas Sebelas Maret), urutan ketiga Wisanggeni Baraya (Universitas Negeri Yogyakarta), urutan keempat Gelora Kapuas Rekayasa (Universitas Tanjungpura), dan urutan kelima Atirath Sagera (Politeknik Negeri Jakarta).

Tahap selanjutnya tim Wisanggeni Baraya menyusun video Proses Mixing Beton dan menyiapkan presentasi yang akan berlangsung di Universitas Jember, Jember, Jawa Timur. Pada tanggal 8 Oktober 2023, tim Wisanggeni Baraya berangkat ke Universitas Jember. Pada tanggal tersebut kegiatan presentasi setiap tim dengan juri penilai: Dr. Ir. Krisnamurti M.T. dan Afiandra Robinur Pratomo, S.T., M.T.

Diraihnya gelar juara oleh Tim Wisanggeni Baraya Universitas Negeri Yogyakarta ini diharapkan mampu menciptakan jiwa kreativitas, problem solve, dan pantang menyerah. Selain itu ilmu yang didapatkan selama penyusunan proposal dan presentasi menjadi modal penting bagi mahasiswa dalam meningkatkan keilmuan dan kompetensi khususnya di bidang teknik sipil. Selamat kepada Tim Wisanggeni Baraya yang telah mencatatkan prestasinya dan membawa nama harum Universitas Negeri Yogyakarta di tingkat nasional.