Kurikulum 2019

    Program Studi PTSP selalu melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) dalam setiap tahapan kegiatan mulai dari perumusan kurikulum, evaluasi kurikulum hingga ke pemutakhiran/update kurikulum untuk mendapatkan kesesuaian antara capaian pembelajaran dengan profil lulusan berdasarkan KKNI serta ketepatan struktur kurikulum dalam capaian pembelajaran hingga diturunkan kepada capaian pembelajaran per mata kuliah. Secara umum, Program Studi PTSP telah melaksanakan kegiatan sebagai berikut. Program Studi PTSP secara berkala setiap 4 tahun mengundang pengguna lulusan (Dunia Usaha dan Industri serta SMK), Asosiasi, Organisasi Profesi, serta Pakar di bidang Pembelajaran kejuruan untuk melakukan evaluasi dan pemutakhiran kurikulum PTSP yang didasarkan atas perkembangan/tuntutan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terbaru serta kebutuhan calon Pengguna lulusan PTSP, yang secara umum dijelaskan prosesnya melalui gambar di bawah ini.

    Dalam penentuan capaian pembelajaran dengan profil lulusan Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan telah dilakukan kajian yang mendalam agar seluruh mata kuliah yang diajarkan kepalada mahasiswa sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan serta profil lulusan yang diharapkan. Tabel berikut ini menuntunjukkan matrik hubungan antara profil lulusan dan CPL.

Tabel  Matrik Hubungan antara Profil Lulusan dan CPL

    Struktur kurikulum program studi S1 PTSP telah disusun dengan mengaitkan antara matakuliah dengan capaian pembelajaran lulusan.  Seluruh Capaian Pembelajaran Mata Kuliah selalu berpedoman kepada Capaian Pembelajaran lulusan dengan memakai peta kurikulum. Capaian pembelajaran tersebut direncanakan untuk dapat dicapai secara bertingkat dengan tingkatan sebagai berikut.

    Tahun ke-1: Mahasiswa yang menempuh mata kuliah di tahun pertama mempunyai kemampuan lebih mendalam tentang agama dan nasionalisme, mempunyai kemampuan dasar bidang teknik sipil dan dasar-dasar ilmu kependidikan.
    Tahun ke-2: Mahasiswa yang menempuh mata kuliah di tahun kedua mempunyai kemampuan menerapkan ilmu-ilmu keteknik sipilan serta ilmu kependidikan tingkat lanjut.
    Tahun ke-3: Mahasiswa yang menempuh mata kuliah di tahun ketiga mempunyai kemampuan menerapkan ilmu keteknik sipilan tingkat lanjut serta penerapan dari ilmu kependidikan.
  Tahun ke-4: Mahasiswa yang menempuh mata kuliah di tahun keempat mempunyai kemampuan lapangan untuk menyelesaikan permasalahan konstruksi sipil, serta mempunyai kemampuan lapangan untuk melaksanakan pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan.

Peta Mata Kuliah Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan S1

Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan secara lengkap dapat di unduh pada tautan berikut: DOWNLOAD