Wisanggeni Baksya Mendapatkan Juara 2 Dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Civil Month Universitas Negeri Surabaya 2022

Lomba Karya Tulis Ilmiah Civil Month Unesa 2022 mengangkat tema Eco-Friendly and Sustainable Future Buildings. Tim Wisanggeni Baksya diketuai oleh Faisal Irfan Adhitama (S-1 Teknik Sipil) dengan dibersamai oleh dua anggota yaitu Eva Fatimah (S-1 Teknik Sipil) dan Fadila Margarani Widyasari (S-1 PTSP) dengan dosen pembimbing Ibu Retna Hidayah, S.T.,M.T., Ph.D. Lomba ini diawali dengan pengiriman abstrak pada tanggal 9 Juni 2022 dengan Judul “EGRANG” Eco-Friendly Green Residence in Pentingsari Tourist Village.

Judul tersebut diangkat berdasarkan permasalahan semakin meningkatnya jumlah kepadatan penduduk Kabupaten Sleman pada setiap tahunnya yang tidak sebanding dengan ketersediaan lahan. Hal tersebut dapat menghambat perkembangan pembangunan berkelanjutan yang berpotensi mengakibatkan pemanasan global dan kerusakan lingkungan. Karya Tulis Ilmiah yang diajukan bertujuan untuk merancang bangunan perumahan ramah lingkungan dan berkelanjutan dengan memanfaatkan potensi Desa Wisata Pentingsari guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar. 

Pada tanggal 15 Juli 2022 tim Wisanggeni Baksya dinyatakan lolos abstrak dan mulai melaksanakan progress selanjutnya yaitu penyusunan full paper. Pada tanggal 17 Juli 2022 seluruh berkas tahap II telah dikumpulkan. Tim yang lolos menuju tahap II ada 20 dan hanya dipilih 10 tim terbaik yang lolos tahap final, diumumkan pada tanggal 14 Agustus 2022. Tim Wisanggeni Baksya dinyatakan lolos tahap final Bersama 9 tim lainnya yang terdiri dari Politeknik Negeri Semarang, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Negeri Malang.

Setelah melalui beberapa tahap, pada tanggal 18 Agustus dilaksanakan presentasi yang merupakan tahap final Lomba Karya Tulis Ilmiah melalui media zoom. Pada akhir penjurian diputuskan bahwa tiga tim yang berhak menjadi juara dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Civil Month Unesa 2022 yaitu pada posisi pertama diraih oleh Tim Kuya Hanshi (Institut Teknologi Bandung), Tim Wisanggeni Baksya (Universitas Negeri Yogyakarta) pada posisi kedua, dan Tim Laskar Dewantara (Universitas Negeri Malang) pada posisi ketiga. 

 

Tags: