Makalah Terbaik dan Juara Harapan I diraih tim dari Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan

Tim Bimasena dan Tim Gatotkaca dari Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan meraih Juara Harapan I dan Makalah Terbaik dalam ajang National Long Span Bridge Competition Civil EXPO ITS di Grand City Mall, Surabaya (5-6/05/2012). Tim Bimasena beranggotakan I Wayan Eka Widiasuta dan Kimin Triyono sedangkan tim Gatotokaca terdiri dari Debby Wahyu Jatmiko dan Wisnu Rachmad dibawah bimbingan dosen FT UNY, Faqih Ma’arif, M.Eng dalam pembuatan maket jembatan berskala 1:100.

Event ini bertujuan untuk memberikan solusi pemecahan permasalaan terkini di dunia ke-Teknik Sipil-an serta menciptakan teknologi tepat guna dalam bidang teknik sipil yang berguna bagi masyarakat. Dalam kategori lomba jembatan bentang panjang, Wayan menjelaskan keunggulan jembatan ranacangan timnya adalah penerapan solar cells untuk pemenuhan kebutuhan listrik, seperti lampu dan pompa air, sehingga pada  jembatan ini tidak memerlukan aliran listrik dari PLN. “Selain itu, kami juga menambahkan kanopi pada jembatan ini yang akan sangat bermanfaat untuk para pejalan kaki serta sebagai tempat instalasi solar cells”, jelasnya.

“Inovasi lainnya adalah kami menggunakan bahan dari rotan yang memiliki tingkat kekakuan sangat tinggi sehingga sangat cocok diaplikasikan sebagai bahan jembatan ditambah kabel-kabel sebagai penyokong kekuatan jembatan ciptaan kami”, ujar Wayan.

“Sedangkan tim Bimasena yang meraih makalah terbaik, mengkreasi sistem suspensi pada jembatan mereka. “Serta lantai jembatan menggunakan kayu balsa yang ringan namun kuat, juga penggunaan wind turbin sebagai pembangkit listrik tenaga angin”, papar Wayan.

“Kami sangat salut pada pihak jurusan dan dosen pembimbing yang terus setia mendampingi, mengarahkan dan memotivasi kami dalam proses pembuatan maket jembatan ini, kami membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu dengan rentan kerja dari siang, malam bahkan pagi untuk menyelesaikannya”, ceritanya.

“Prestasi ini akan semakin memacu saya dan teman-teman se-jurusan untuk terus berkompetisi, dan kami senantiasa mengharap support kampus yang lebih baik lagi”, harap Wayan. (hryo)

Tags: