Tim Bimasena Raih Gelar Juara 3 dan Juara Favorit Pada Ajang National Bridge Construction Politeknik Negeri Jakarta 2022

Yogyakarta - Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNY kembali menorehkan prestasi dengan memperoleh berbagai prestasi di tingkat nasional. Ajang kompetisi berskala nasional dibidang ketekniksipilan yang diselenggarakan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dimulai sejak bulan Mei 2022-Agustus 2022 dengan cabang lomba diantaranya National Bridge Conscruction Competition (NBCC), National Paper Competition (NPC), National Concrete Competition (NCC), dan National Building Maket Competition (NBMC). Dua tim dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan berhasil lolos ke babak final yaitu Tim Bimasena pada cabang lomba National Bridge Construction Competition dan Tim Baruna Green Way pada cabang lomba National Paper Competition.

Tim Bimasena yang diketuai Faisal Irfan Adhitama (S1 Teknik Sipil 2021) dan dibersamai dua anggota, Wahyu Mari Yunita (S1 PTSP 2020) dan Agus Bukhori Susilo (S1 Teknik Sipil 2020) dengan dosen pembimbing Bapak Maris Setyo Nugroho, M.Eng., merancang desain jembatan dengan nama Jembatan Dorodjatun, jembatan model berskala 1 : 50 berbahan alumunium tersebut dirancang dengan dimensi panjang 140 cm, lebar 18 cm, dan tinggi 31 cm. Tahapan kompetisi yang cukup panjang dimulai dari penyusunan proposal kemudian tanggal 22 Juli 2022 Tim Bimasena dinyatakan lolos ke babak final bersama 3 tim lainnya yang terdiri dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Tidar Magelang, dan Universitas Negeri Jakarta. Pada babak final peserta diminta untuk melakukan presentasi terkait desain jembatan yang dirancang dihadapan dewan juri pada tanggal 15 Agustus 2022, dan melakukan perakitan dan pembebanan jembatan model di Politeknik Negeri Jakarta pada tanggal 18 Agustus 2022.

Pada tahapan perakitan Tim Bimasena berhasil menyelesaikan perakitan tercepat dan untuk pembebanan jembatan menggunakan beban berjalan dengan truck berat 22,8 kg mendapatkan hasil nilai lendutan 0,00 mm. Pada akhir penjurian diputuskan bahwa tiga tim yang berhak mendapatkan gelar juara dalam National Bridge Construction Civil Engineering Festival 2022 pada posisi pertama diraih tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, posisi kedua diraih tim dari Universitas Tidar Magelang. Dan posisi ketiga diraih oleh Tim Bimasena Universitas Negeri Yogyakarta sekaligus mendapatkan Juara Favorit yang diraih berdasarkan vote desain terbanyak. 

 
 
 

Tags: