Blue-Green Sustainability Construction By Utilizing Rainwater and Household Wastewater Use for Maintaining Water Availability in Kulon Progo

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan terus memberikan kontribusi dalam riset dan teknologi seperti yang dilakukan oleh Tim Baruna dari divisi rancang bangun UNY berhasil menjadi juara favorit dalam perlombaan Cinnertion D’village ITS 2021 yang diadakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Perlombaan ini dilaksanakan secara daring dikarenakan masih masa pandemi Covid-19. Pada perlombaan tersebut tim Baruna bersaing dengan 90 tim lainnya yang berasal dari perguruan tinggi yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Setelah melalui tahap seleksi abstrak proposal, Tim Baruna dinyatakan lolos final bersama dengan 10 tim dari perguruan tinggi lainnya. Tim Baruna merupakan salah satu tim yang lolos final dengan anggota Novarida Nurul S, M. Fajar Amir, dan Raden Rara Bintang P H.

Pada perlombaan Cinnertion D’village ITS 2021 tersebut tim Baruna membuat karya yang berjudul "Blue-Green Sustainability Construction by Utilizingrainwater and Household Wastewater Use for  Maintaining Water Avaibilability in Kulonprogo". Karya tersebut membahas mengenai inovasi pemanfaatan rainwater dan household wastewater untuk mempertahankan dan meningkatkan potensi air tanah dan air permukaan serta akan mendukung pemeliharaan dan perlindungan sumber daya air secara teratur untuk mencegah kerusakan lingkungan sehingga tercipta sebuah lingkungan yang lebih baik. Melalui karya tersebut tim Baruna berhasil memperoleh gelar juara favorit dalam perlombaan tersebut dan berhasil mengharumkan nama baik UNY ditingkat nasional.

Tags: