Mahasiswa DPTSP 2021 Ikuti Kegiatan Kunjungan Industri di Jawa Barat

Yogyakarta - Kunjungan industri mahasiswa departemen pendidikan teknik sipil dan perencanaan pada tahun 2023 dilaksanakan di Jawa Barat. Peserta kunjungan kali merupakan seluruh mahasiswa DPTSP angkatan 2021 dari program studi S1-  pendidikan teknik sipil dan perencaan serta S1- teknik sipil. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3-6 Juli 2023. Kegiatan kunjungan industri kali ini masih difasilitasi oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY sebagai panitia kegiatan melalui departemen komunikasi, media dan informasi. 

Kunjungan industri diselenggarakan dengan tujuan untuk mengenalkan secara langsung pekerjaan di lapangan sehingga nantinya bisa dikorelasikan dengan apa yang sudah diperoleh pada perkuliahan. Kegiatan ini juga bermanfaat guna menambah pengalaman serta wawasan bagi mahasiswa. Selain itu, kunjungan industri juga menjadi syarat bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan praktik industri atau magang.

Keberangkatan peserta (3/7/2023) dengan titik kumpul di gedung KPLT FT UNY. Sebelum keberangkatan Reynaldi Raditya (Ketua HMTSP) menyampaikan bahwasanya seluruh peserta kunjungan industri harus senantiasa untuk mematuhi tata tertib yang sudah ditetapkan oleh panitia dan menjaga nama baik universitas negeri Yogyakarta. 

Tempat pertama yang dikunjungi pada kunjungan industry kali ini yaitu pabrik adhi persada beton yang berada di Sadang. Dikunjungan pertama ini peserta dijelaskan mengenai bagaimana proses fabrikasi pembuatan beton. Kunjungan kedua yaitu bendungan jati luhur yang berada di Purwakarta. Pada kunjungan yang kedua pengelola menjelaskan materi mengenai pengelolaan sumber daya air dan mekanisme kinerja dari bendungan.

Kunjungan yang terakhir berada di proyek pemecah gelombang pantai bojongslawe di Pangandaran.  Rombongan peserta tiba pada malam hari pihak proyek langsung menyambut dan memberikan penjelasan terkait proses pengerjaan proyek. Secara keseluruhan peserta kegiatan cukup aktif dalam mengikuti kegiatan kunjungan industri kali ini terbukti dengan adanya diskusi dan tanya jawab dalam setiap kunjungan. Setelah kegiatan kunjungan industri kali ini selesai nantinya peserta diwajibkan untuk membuat laporan kinjungan sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat .