Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY serahkan Prototype Wastafel Injak Portabel ke Puskesmas Depok III Sleman

Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (PTSP) Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta telah menyerahkan prototipe “Wastafel Injak Portabel” kepada Puskesmas Depok III Sleman. Prototipe secara langsung telah diserahkan oleh Nur Hidayat bersama Dian Eksana Wibowo dan diterima oleh Kepala Puskesmas Depok III Sleman pada Kamis 30 April 2020. Penyerahan ini sebagai wujud peran aktif PTSP FT UNY dalam penanganan Covid-19.

Prototipe tersebut merupakan hasil karya dosen dan mahasiswa. Prototipe dibuat oleh Muhammad Riza, Didik Setiawan, dan Fauzan Surya Valistya dibawah bimbingan Nur Hidayat, M.Pd., Dr. Slamet Widodo, Dr. Nuryadin, Dr.-Ing. Satoto E Nayono. “Awalnya, prototipe ini akan ditampilkan di depan Fakultas Teknik UNY agar masyarakat umum dapat melihat dan memperbanyak untuk keperluan kesehatan. Hanya saja, untuk memberikan manfaat yang lebih besar, prototipe disumbangkan ke puskesmas. Apabila menginginkan, masyarakat umum masih bisa melihat prototipe ini di Puskesmas Depok III Sleman yang letaknya tidak jauh dari UNY” terang Nur Hidayat. Nur Hidayat juga mengatakan bahwa selain prototipe ini, jurusan PTSP telah membuat 10 unit Wastafel Injak Portabel untuk diserahkan UNY ke 4 kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka Dies UNY yang ke-56.

Wastafel Injak Portabel ini cocok untuk mencegah penyebaran Covid-19 karena mempunyai keunggulan tidak perlu disentuh atau dioperasikan dengan tangan, cukup dengan kaki seperti saat menginjak pedal mobil. Terdapat dua pedal yang dapat dioperasikan yaitu untuk membuka kran air dan untuk mengeluarkan sabun. Secara umum, Wastafel Injak Portabel ini sangat cocok untuk digunakan di fasilitas umum seperti rumah sakit/puskesmas, pasar, masjid, terminal/stasiun, maupun minimarket.