Seminar Nasional 2023 Mengusung Tema "Teknologi Pembangunan Ramah Lingkungan untuk meminimalisir Bencana Hidrometeorologi "

UNY- Himpunan Mahasiswa Teknk Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, UNY sukses menyelenggarakan kegiatan seminar nasional. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Sabtu, 16 September 2023. Kegiatan seminar nasional pada tahun ini diselenggarakan dengan konsep hybrid. Peserta online melalui via Zoom meetings dan untuk peserta offline bertempat di RB 8, Gedung IDB DPTSP FT UNY.

Tema yang diangkat yaitu Teknologi Pembangunan Ramah Lingkungan untuk meminimalisir Bencana Hidrometeorologi dengan mengahadirkan 3 narasumber dari dalam negeri maupun luar negeri. Narasumber pembuka yaitu Ts. Dr. Norhafezah kasmuri yang merupakan Senior Lecturer, School of Civil Engineering, College of Engineering, University Technology MARA, Malaysia dengan materi yang dibawakan mengenai Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim dalam Bencana.

Narasumber yang kedua yaitu Prof. Ir. Teuku Faisal Fathani, S.T., M.T., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. Sebagai direktur GAMA-ina TEK dan Profesor Geoteknik FT UGM dengan materi yang dipaparkan adalah Inovasi Teknologi untuk Mitigasi Bencana. Kemudian untuk narasumber yang terakhir dapat hadir secara langsung hadir ke kampus FT UNY yaitu Dr. Ir. Aksan Kawanda, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. Direktur dari PT. Geotech Efathama dan Dosen Teknik Sipil Universitas Trisakti. Materi yang disampaikan dari pembicara penutup adalah Optimalisasi Strategi Geoteknik dalam Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi.

Kegiatan Seminar Nasional pada tahun 2023 terselenggara dengan lancar, Meskipun diselenggarakan secara hybrid  tidak mengurangi antusias peserta seminar terbukti dengan banyaknya peserta yang banyak menyampaikan pertanyaan pada sesi tanya jawab. Ketua HMTSP FT UNY Reynaldi Raditya menyampaikan bahwa dengan diselenggarakannya acara seminar kali ini diharapkan dapat menambah wawasan khusunya untuk mahasiswa DPTSP FT UNY mengenai perkembangan dari teknologi teknologi pembangunan ramah lingkungan.