Stadium General 2020

Stadium General merupakan kuliah umum yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Umumnya materi yang dibawakan pada kuliah umum ini merupakan materi-materi di bidang ketekniksipilan. Di tahun 2020 ini, kami mengusungkan tema yang sedikit berbeda dengan tema-tema pada tahun sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, kami membawakan tema yakni “Strategi dan Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19”.

Pemilihan tema ini sendiri didukung dengan kondisi yang tidak hanya terjadi di Indonesia, namun di seluruh dunia. Pengaruh yang diberikan dengan adanya pandemi yang diakibatkan oleh virus corona ini tidak hanya berdampak pada bidang kesehatan, namun juga bidang-bidang lainnya seperti politik, ekonomi, dan tentunya pendidikan. Seperti yang kita ketahui, himbauan dari pemerintah untuk tetap di rumah saja tentu berpengaruh pada sistem belajar mengajar yang terjadi di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Pada akhirnya untuk mendukung himbauan pemerintah ini digalakkan sistem kuliah online yang dilakukan dari kediaman masing-masing, baik untuk pihak pendidik maupun yang dididik. Kebijakan untuk kuliah dari rumah di era new normal ini tentu menjadi sebuah perubahan besar pada sejarah pendidikan di seluruh penghujung dunia. Beberapa mahasiswa terbukti kurang menyukai sistem ini, bahkan beberapa kehilangan motivasi belajar dan mengalami stress. Untuk itu, dengan diangkatnya tema “Strategi dan Motivasi Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19” kami berharap peserta dapat menemukan strategi belajar yang tepat di masa pandemi ini dan kembali termotivasi untuk terus belajar meskipun dengan keadaan yang serba terbatas.

Tentunya tidak hanya sistem belajar yang akhirnya harus disesuaikan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara tatap muka, Stadium General 2020 dilaksanakan secara online melalui platform ZOOM Meeting dan juga Live Streaming Youtube. Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu, 8 November 2020 pada pukul 08.00 hingga 10.20 WIB dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dari angkatan tahun 2017 hingga 2020, tamu undangan, dan beberapa mahasiswa di luar Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, dan juga mahasiswa di luar Universitas Negeri Yogyakarta.

Acara Stadium General 2020 ini dimulai oleh Master of Ceremony yakni Novarida Nurul dengan membacakan susunan acara dan bacaan basmalah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Panitia Stadium General yaitu Ilma Kreka Zeolita. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Hamid Imam Shalihin, dan sambutan terakhir disampaikan oleh Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yakni Bapak Dr. Ir. Slamet Widodo, S.T., M.T membuka acara Stadium General 2020 secara resmi.

Pada kesempatan ini, kami mengundang Bapak Prof. Slamet, P.H., M.A., M.ED., M.A., MLHR., Ph.D. yang merupakan Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta sebagai pembicara. Adapun moderator pada acara ini ialah Bapak Hasbi M.Pd yang merupakan Dosen muda di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Acara ini berlangsung dengan lancar dan mendapatkan antusias yang tinggi dari para peserta.