Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil FT UNY mengadakan Kuliah Umum

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil FT UNY Mengadakan Kuliah Umum pada 11 April 2015 di Gedung KPLT FT UNY. Kuliah Umum tersebut bertemakan “Implementasi Manajemen Kontruksi untuk Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Proyek” yang menghadirkan pembicara Dosen Manajemen Kontruksi UGM, Toriq Arif Ghusdewan S.T., MSCE beserta kontraktor-kontraktor muda dari PT. Prima Andalan Group. Mahsiswa STTNAS, UMY, UTY serta FKMTSI (Forum keluarga mahsiswa teknik sipil indonesia) juga menjadi pesetra Kuliah Umun HMTSP FT UNY.

Dalam kuliah umum ini bapak Toriq Arif Ghusdewan memaparkan bahwasanya ilmu Managemen Kontruksi adalah ilmu umum yang harus dikuasai oleh para civil engineering, karena sangat besar aplikasinya dalam dunia ketekniksipilan. Beliau juga menyampaikan bagaimana menjadi kontraktor dan menjadi pengawas proyek yang aman serta menguntungkan, lebih lebih bagaimana manajemen kontruksi  yang efektif dan efisien.

“sebelum membangun sebuah bangunan harus direncanakan (manajemen kontruksi) terlebih dahulu, karena apabila ada kesalahan maka harus membongkarnya, itu akan mengabiskan waktu, tenaga, serta biaya”

Beliau juga memotivasi mahasiswa agar semangat dalam belajar meskipun Teknik Sipil UNY melahirkan mahsiswanya sebagai seorang pendidik. Namun tidak menutup kemungkinan setelah lulus mahasiswa bisa menjadi kontraktor,pengawas proyek, dan pemborong, karena dunia kerja teknik sipil sangatlah luas.

“mahasiswa teknik sipil UNY nantinya akan menjadi pendidik para kontraktor, pengawas proyek, serta tukang-tukang agar terwujudnya manajemen kontruksi yang efektif dan efisien”

Sedangkan empat kontaktor dari PT. Prima andalan Group yang latar belakangnya adalah seorang prktisi maka mereka lebih menekankan seorang teknik sipil dilapangan. Bapak Ardiansyah menjelaskan tentang dunia kerja dibidang teknik sipil serta berbagi ilmu menjalankan bisnis ketekniksipilan. Seperti jual beli jasa kontraktor, mempresentasikan proyek dengan aplikasi kekinian, dan cara menjalankan proyek dengan baik dan benar.